Grand Prix Singapura Siap Kurangi Emisi Energi Hingga Setengahnya pada 2028

Grand Prix Singapura Siap Kurangi Emisi Energi Hingga Setengahnya pada 2028
Penyelenggara Formula One grandprix Singapura bakal mengurangi emisi karbo setengahnya pada tahun 2028 (st)

Singapura, Inibatam – Penyelenggara Formula Satu, Grand Prix Singapura, berencana untuk mengurangi setengah emisi yang dihasilkan dari sumber energi selama akhir pekan balapan pada tahun 2028.

Langkah ini diambil setelah sebuah studi yang dilakukan oleh Singapore GP terhadap jejak karbon selama akhir pekan balapan tahun 2022 menemukan bahwa sebagian besar emisi yang dihasilkan – sebanyak 96,1 persen – berasal dari penyediaan energi yang diperlukan untuk menghidupkan acara tersebut.

Singapore GP bertujuan untuk mencapainya dengan meluncurkan serangkaian inisiatif, beberapa di antaranya telah diterapkan sejak tahun 2023, termasuk penggunaan pencahayaan LED di seluruh Sirkuit Marina Bay yang memiliki panjang 4,94 km dan pemasangan 1.396 panel surya di atap Gedung F1 Pit pada bulan Juli.

Panel surya ini, menurut Singapore GP, akan menghasilkan listrik yang cukup untuk memasok seluruh gedung selama sepanjang bulan balapan.

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa total jumlah karbon dioksida yang teremisi selama periode lima bulan, mulai dari saat pekerjaan dimulai untuk mempersiapkan sirkuit pada bulan Juli hingga setelah balapan selesai dan semua infrastruktur dihancurkan pada bulan November, mencapai 2.372 ton.

Perlu dicatat bahwa angka ini tidak termasuk emisi yang dihasilkan oleh kebutuhan pengiriman, logistik, dan perjalanan tim-tim balap.

Penggunaan Biodiesel B100

Di samping itu, Singapore GP berencana untuk menggunakan biodiesel B100 dan minyak nabati yang telah diolah dalam semua generator yang ada di lokasi, serta beralih dari bahan bakar fosil konvensional seperti diesel pada tahun 2028.

Baca Juga  Presiden Terpilih Singapura, Tharman Shanmugaratnam Janji Membangun Optimisme dan Solidaritas

Biodiesel B100 adalah bahan bakar nabati yang terdiri sepenuhnya dari minyak nabati atau biologis. Menurut Mr. Chia Chien Chang, analis utama manajemen karbon dan ekonomi sirkuler di Pusat Inovasi Energi EcoLabs Universitas Teknologi Nanyang (NTU), biodiesel B100 menghasilkan 20 persen lebih sedikit emisi daripada diesel.

Mr. Chia mengungkapkan bahwa langkah ini kemungkinan akan mendorong minat dari penyelenggara acara luar ruangan serupa untuk beralih ke penggunaan biodiesel dalam upaya menyelenggarakan acara yang lebih ramah lingkungan.

Ia juga menyoroti bahwa ini dapat mendorong penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan karakteristik biodiesel untuk berbagai aplikasi.

Professor Subodh Mhaisalkar, dari Sekolah Ilmu Bahan dan Rekayasa NTU, menambahkan bahwa produksi biofuel juga akan membantu dalam penangkapan karbon, yang pada akhirnya akan mengurangi jejak karbon.

Upaya untuk menjadikan Grand Prix Singapura lebih berkelanjutan sejalan dengan upaya Formula 1 sendiri untuk mencapai target net-zero pada tahun 2030.

Ms. Ong Ling Lee, direktur eksekutif olahraga dan kesejahteraan di Badan Pariwisata Singapura, seperti dilaporkan straistimen, Jumat (8/9/2023), menekankan bahwa keberlanjutan adalah tanggung jawab bersama dan bahwa mereka akan bekerja sama dengan pemain industri lainnya untuk meningkatkan solusi keberlanjutan untuk balapan Singapura.

Baca Juga  Warga Australia, Pelaku Ancam Bom di Pesawat Scoot Akan Diadili di Singapura Hari Ini

Namun, Associate Professer Charlene Chen dari Nanyang Business School menyarankan bahwa upaya-upaya seperti ini mungkin tidak akan terlihat oleh penonton balapan kecuali jika dibuat terlihat, karena konsumen cenderung tidak membaca laporan keberlanjutan atau memperhatikan berita tentang inisiatif-inisiatif ini.

Mr. Chia menilai bahwa meskipun target yang ditetapkan oleh Singapore GP tampak realistis dan dapat dicapai dengan serangkaian inisiatif yang diajukan, perlu diwaspadai penggunaan berlebihan sertifikat energi terbarukan untuk mengimbangi emisi yang tidak dapat dihindari.

Sebanyak 85 persen listrik yang dikonsumsi dalam balapan tahun 2022 ditutupi oleh sertifikat-sertifikat tersebut, kata Singapore GP.

Perlu dicatat bahwa biaya sertifikat-sertifikat tersebut tidak diungkapkan oleh penyelenggara balapan.

Pada bulan Agustus, mantan juara dunia Formula Satu sebanyak empat kali, Sebastian Vettel, menyuarakan kekhawatirannya mengenai jejak karbon yang besar dari balapan ini dan sejauh mana upaya yang telah dilakukan untuk mengurangi emisi.

Dr. David Broadstock dari Institut Keuangan Berkelanjutan dan Hijau Universitas Nasional Singapura mengatakan bahwa meskipun laporan ini hanya mencakup emisi yang dihasilkan di dalam sirkuit, tidak adil untuk mengharapkan Singapore GP bertanggung jawab atas acara-acara lain yang berlangsung sebagai bagian dari akhir pekan balapan.

Ia menyoroti bahwa perlu dipertimbangkan bagaimana penyelenggaraan acara besar, seperti balapan Formula Satu atau konser Taylor Swift, dapat dilakukan dengan jejak lingkungan yang paling kecil mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *